Kamis, 18 November 2010

PUPUK ORGANIK KOMPOS

PUPUK ORGANIK GRANULE
Produk : Pupuk Organik Granule
Ramah lingkungan untuk semua jenis tanaman

Merk : FAJAR TERBIT / FAJARGANIK
No. Pendaftaran : G 610/ORGANIK/DEPTAN-PPI/III/2009


Komposisi :
Kadar air    :  9, 6 %
PH ( H2O)  : 7, 44 %
N                : 1.3 %
P2O5.Tot   : 1, 4 %
K2O           : 0,12 %
Fe               : 0.10%
Mn              : 0.04%
Cu               : 0.02%
Zn                : 0.12%
B                  : < 1, 00 ppm
Co                : 3.83 ppm
Mo               : 9.18 ppm
C                  : 12.56 %
C/ N             : 12, 2 %

Mikroba Pathogen :
E. Coli = Negatif
Salmonella sp = negatif

Fungsi :
- Padi : 2 - 3 Ton / Ha
- Hortikultura : 3 - 5 Ton / Ha
- Perkebunan : 3 - 5 Ton / Ha
- Dlm. Pot : 1/ 3 dari isi pot

Uji Lab. : SUCOFINDO

Harga : - kemasan karung 50 Kg : Rp 75.000, - (Nego)


Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.


Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi curah (prilled), tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada analisa penggunaan dan aplikasi pada tanaman target, biaya produksi, distribusi dan aspek-aspek pemasaran lainnya. Salah satu bentuk pupuk organik yang banyak dipakai saat ini adalah granul.



Upaya mendukung peningkatan kualitas pupuk organik- salah satunya- ditempuh dengan penyediaan alat mesin dan teknologi bagi penyajian pupuk organik berbentuk granul. Sehingga, pupuk organik menarik minat petani, pekebun, perkebunan dan pengusaha agribisnis - sebagai pengguna. Bentuk granul, disamping memudahkan dalam aplikasinya di kebun maupun sawah, juga adanya dukungan pemerintah melalui BUMN Pertanian.

Sejak TA 2008, APBN telah memberikan subsidi bagi 385.000 ton ( 2008) dan 450.000 ton ( 2009). Dengan subsidi pemerintah melalui BUMN ( PT Pusri, PT Pertani - Persero, PT Sang Hyang Seri dan PT. Petroganik) telah membuka kesempatan bagi Usahawan Kecil Menengah -UKM berinvestasi dalam indutri Pupuk Organik Granul.

Dukungan lain, adalah keberadaan teknologi dan sumber bahan baku murah bagi pengkayaan ( enrichment) unsur hara dari bahan sampah organik, kotoran hewan dan aneka bahan mineral hasil galian tambang meliputi zeolit, phosphates dan dolomit. http://guanophosphat.blogspot.com


Teknologi alat mesin Biophoskko berupaya menyediakan sistem ( chain supply) yang padu mulai penyediaan kompos - sebagai bahan baku terbesar ( berasal dari sampah organik di perkotaan ) bagi bahan baku organik granul. Rangkaian mesin tersebut adalah peralatan pencacah sampah, komposter - pengolah sampah menjadi kompos, pengayak dan paket mesin bagi pengeringan ( rotary dryer), penghalusan bahan baku ( hammer mill ), penghancur bahan ( crusher), pembentuk granul ( Pan parabola granulator) hingga pengayakan ( rotary screen ). Paket alat mesin ini akan membantu para investor dalam mengembangkan pupuk bentuk granul - yakni pupuk organik yang disajikan lebih praktis, efisien dan relatif murah di mata petani. http://guanophosphat.blogspot.com

Perkembangan permintaan terhadap kompos padat - sebagai pupuk organik dan atas pertimbangan bagi mudahnya aplikasi pemupukan, kini banyak kompos dibentuk granul. Bentuk granul- butiran seperti bentuk kacang hijau sampai bentuk kacang kedelai ukuran 2 mm sampai 4 mm. Proses granulasi kompos juga memungkinkan adanya penambahan unsur hara organik lain ( misalnya sumber unsur Kalium dari abu janjang sawit), unsur P2O5 ( dari penambangan Phosphates Alam) dan sumber C- Organik ( meningkatkan rasio C/N dari lignit atau batubara muda ) serta zat pengatur tumbuh ( ZPT), bakteri penambat dan mikroba pelarut.

1 komentar:

  1. Jika anda perlu Pupuk Guano dengan kualitas terbaik, Silakan hubungi kami ke sales@inaguano.com atau kunjungi website kami di http://www.inaguano.com
    http://www.blog.inaguano.com
    produk berkualitas dan export oriented ..
    thanks ,
    Mobile no + 62 8123801691

    BalasHapus

Login with Facebook